Teks Pembukaan UUD 1945


Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan inikemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

About these ads

161 comments on “Teks Pembukaan UUD 1945

  1. Thank’s a lot !!! Membantu untuk urusan sekolah…..
    Tak akan kulupakan jasa u…..

    Sekali lagi “TERIMA KASIH”

  2. bantuin murid nich pada nggak ngerti kebetulan bukunya cuma 3 jadi rebutan,makasih ya. bisa prin dari sini

  3. duuuuuuh…
    q ada tugas bikin makalah untuk pengembangan uud alenia 4 niii…
    disuruh milih antara 4 point ini niii….

    1. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
    2. untuk memajukan kesejahteraan umum
    3. mencerdaskan kehidupan bangsa
    4. ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial

    apa y…
    kci masukan dund…
    mencerdaskan kehidupan bangsa x y…

  4. Aduh ribet nh pak.ketu
    msa w d tunjuk jd petugas Upacara pembca UUD.

    klo bca UUD pke teks mah gampang. ya ini, Tanpa teks.

    tpi gk pa2,maju trus 11 ipa3.

    • parah bgt gx punya rasa balas budi pahlawan apa….udh capek capek membuat negara merdeka.malah gx hrgain….loo punya otak apa gx sich…klw gx ada phalawan yng udh gugur.kita gx mungkin merdeka…………..MIKIR DUNK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!GW PLING BENCI ORNG GX PERNH HARGAIN JASA ORNG LAIN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  5. Mksih ya udh bntu nyelesein tgsQ.
    iy…nc…
    Q sruh nyari Teks UUD.
    jdx nongol d’sni the.
    sklie lg thankz y…

  6. sebaiknya tulislah dalam alinea dan paragraph teks style aslinya kawan …
    itu ditulis dan disusun bukan tanpa maksud dan makna tanpa rasa jiwa
    seperti tertulis dan komentar mampir diatas itu semua dihafal sepenuh raga dan karena tugas pr sekolah … melainkan untuk diresapi oleh raga+akal lagi dimaknai+dihayati rasa jiwa anak cucu pendiri republik indonesia dari kakek dan nenek moyangnya

    di tangan anak cucu kita semuanya lah negeri ini akan dikelola atau disewakan apa dijual kembali semacam kontrak konsesi (hakekat=penjajahan kembali, oleh warna kulit senada/bangsa sendiri) dan cukup menikmati lisensi apa fee untuk gizi generasi kini dan sisa ampasnya buat anak cicitnya …. adalah kesegaran dan kesadaran
    anak muda mudi di didik+diajari mengaji dan mengkaji di dan dari sekolah oleh guru-guru nya membaca lagi menyimak menafsirkan ayat-ayat diatas masihkah sesuai apa melengse di amandemen sesuai rasa dan karsa kehendak rejim penguasa yang juga bapak+ibu kita juga …

  7. thanks ya .. Udah ngebantuin ..
    Takut banget nihh soal nya besok jadi petugas upacara jadi harus latihan UUD .. Sekali lagi many many thanks

  8. makaciiiiiiiiiiiiiiiiie banyak Yea ,krna udh membaNtu DaLam biDang pendiDikan . . .Q usahi Deh yar gax akn prnah Lupa gie ma TekS pemBukaaN UUD 1945 . . .I LOVE YOU INDONESIA °Q° . . . .

  9. Sepertinya anak smu sekarang banyak yg g hapal tuh ,g ky th 80 an setiap murid wjb menghpl pelajaran PMP (sekarang PPKN) ayo ibu bapa guru gembleng lg anak2 sekrang ,jgn keseringan di beri tugas ke warnet trs .yg ada tar anak jd bnyk k warnet (bgslh sh kl tuk k’baikn mh) nah kl ke warnet nya ngeliat yg lain ,gmn tuh. Kan yg brabe ortu jg , cape deh anak sekarang di ksh tugasnya buat naskahnya nyari k warnt

  10. Thanks aku jadi hafal uud 1945 aku jadi terpilih sebagai pembaca teks uud di sekolah thanks sekali lagi

  11. ahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahajajhahahahahahahahahahahahahahhahah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s